Selasa, 17 Mei 2016

Marine Ornamental Fish


Jenis-Jenis Ikan Laut Hias



Memelihara ikan hias air laut bukanlah hal yang mudah. Perawatan ikan air laut bisa dibilang lebih sulit dibandingkan dengan jenis ikan tawar. Apabila anda belum pernah memelihara jenis ikan air asin sebaiknya anda memulai dengan ikan yang kategorinya untuk pemula. Kenapa begitu ? penjelasannya begini, ketika kita memelihara ikan air tawar, kita pastinya menggunakan air tawar yang mudah untuk diperoleh karena kita sendiripun menggunakan air tawar untuk dikonsumsi sehari-hari. Sedangkan jenis ikan hias air asin tentu saja tidak bisa hidup jika menggunakan air tawar karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Oiya perlu anda ketahui juga biasanya jenis ikan ini juga membutuhkan aquarium yang lebih besar dan anda perlu mengganti air laut secara berkala jangan sampai kotor.

Ikan Hias Yang Sering Dicari

Banyak ikan hias yang sering diperjual belikan hanya untuk mendapatkan keuntungan tanpa memeperhatikan ekosistem yang ada dilaut itu sendiri. Berikut adalah ikan hias yang banyak diincar oleh para investor.


1. Blue Tang


Di Indonesia ikan ini juga sering disebut Dory atau Botana. Di alam bebas, Blue tang hidup di kedalaman hingga 40 meter dan tersebar luas di beberapa tempat, seperti di seluruh Indo-Pasifik. Ikan ini juga mudah ditemukan di terumbu-terumbu perairan Afrika Timur, Samoa, Jepang, Great Barrier Reef, dan Kaledonia Baru.
Meskipun Blue Tang suka bersembunyi di sekitar terumbu, namun ikan ini juga suka berenang secara aktif. Oleh sebab itu, mungkin dibutuhkan akuarium yang agak besar agar ruang geraknya tidak terlalu sempit. Blue Tang juga termasuk ikan hias air laut yang agresif, terutama terhadap spesiesnya sendiri. Kendati Blue Tang cenderung makan daging bersama-sama dengan ikan lain yang ada di akuarium, penting baginya untuk diberikan makanan lainnya seperti rumput laut dan ganggang. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.
2. Buterfly Fish


Sama seperti Angelfish, Ikan hias air laut ini juga banyak jenisnya dengan beragam bentuk tubuh, corak, dan warna yang berbeda. Tidak semua jenis Butterflyfish mudah dipelihara. Maka dari itu, karena bahasan kali ini adalah ikan air laut yang mudah dipelihara, maka kita ulas saja jenis Raccoon Butterflyfish.
Ikan hias air laut ini mudah dijumpai di Indonesia, Hawaii, Fiji, Kaledonia Baru, dan Tahiti. Raccoon Butterflyfish berwarna kuning-oranye, namun lebih gelap pada bagian atas tubuhnya. Terdapat juga patch hitam di sekitar mata, dengan garis putih posterior di sana. Ikan ini cenderung damai dan bertemperamen tenang, namun tidak aman dengan karang.

3. Kepe

Bentuk mulutnya yang monyong tajam justru membuat ikan ini nampak unik dan banyak dicari. Ikan ini bukan jenis ikan hias air laut asli Indonesia, karena biasanya dijumpai di laut Afrika Selatan.

Habitat aslinya adalah tinggal di daerah terumbu karang. Oleh karena itu, akuarium yang digunakan untuk menampung ikan ini harus memiliki terumbu karang juga, sebagai sarangnya. Ukuran akuarium tempat memelihara Kepe Monyong tidak boleh berukuran kecil. Karena ia sangat mudah stress.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © All About Ornamental Fish | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top